Mengenal Bagian Pada AC Split.


Pada topik kali ini, saya akan membahas tentang  “Mengenal Bagian Pada AC Split” . Dewasa ini orang hanya tau dah hafal bagian AC adalah unit indor, outdoor, remote dan bagian umum lainnya. Padahal jika suatu saat terjadi kerusakan ,  akan lebih mudah jika kita mengenal bagian pada AC split. Alasannya? Jika kita tau, kita hanya perlu mengganti dan memanggil teknisi untuk menggantinya, dan lebih tepat tanpa adanya teknisi “nakal”  yang membuat-buat kerusakan.

Nah , langsung saja kita bahas topik kali ini, yakni mengenal bagian pada AC split :

1.       Kompresor
Kompresor merupakan bagian yang berperan penting dalam mesin pendingin, kompresor menekan bahan pendingin kesemua bagian dari sistem. Pada sistem refrigasi, kompresor bekerja membuat perbedaan tekanan pada masing-masing bagian.

Kompresor

Karena adanya perbedaan antara sisi tekanan tinggi dan tekanan rendah, maka pendingin cair dapat melalui alat pengukur aliran ke evaporator.

Fungsi dari kompresor sendiri adalah menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah. Kemudian memampatkan gas tersebut menjadi gas yang bertekanan dan bertemperatur tinggi.

2.       Kondensor
Kondensor adalah alat untuk membuat kondensasai bahan pendingin gas dari kompresor dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi. Untuk penempatannya sendiri, kondensor ditempatkan dibagian luar ruangan yang sedang didinginkan, agar dapet membuang udara panas keluar.

Kondensor merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai pengembunan. Refrigerant yang dipompakan dari kompresor akan mengalami penekanan, sehingga mengalir ke pipa kondensor, dan mengalami pengembunan.

Dari sini refrigerant yang sudah mengembun dan atau sudah menjadi zat cair, akan mengalir menuju pipa evaporator.

3.       Evaporator
Evaporator merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai tempat penguapan. Zat cair yang berasal dari pipa kondensor, akan masuk ke evaporator. Kemudian berubah wujud menjadi gas dingin karena telah mengalami penguapan.



Selanjutnya, udara tersebut mampu menyerap kondisi yang ada didalam ruangan mesin pendingin. Kemudian gas yang ada didalama evaporator akan mengalir menuju kompresor karena terkena tenaga hisapan.

4.       Pengering
Pengering Terdiri dari sebuah silinder yang berisi desikan. Desikan tersebut dibungkus dengan maksud mempermudah saat penggantiannya. Fungsi lain dari pembungkus desikan adalah agar serbuk desikan yang halus, tidak keluar dari pengering dan ikut larut bersama refrigerant.

Sedangkan pengering sendiri memiliki fungsi untuk menghilangkan uap air dari refrigerant.

5.       Pipa Kapiler atau Ekspansi
Pipa kapiler adalah suatu pipa yang terdapat pada mesin pendingin . Pipa kapiler mempunyai diameter paling kecil dibanding pipa-pipa lainnya.



Biasanya pipa kapiler ini memiliki ukuran diamerter 0,8 -2,0 mm. Dengan panjang kurang lebih 1 meter. Permasalahan yang sering timbul pada pipa kapiler ini adalah karena kebocoran atau tersumbat. Pipa kapiler ini berfungsi untuk menurunkan tekanan sekaligus mengatur cairan refrigerant yang mengalir ke pipa kapiler.



Sebelum gas mengalir ke pipa kapiler harus melalui alat yang disebut dried stainer atau saringan.


Sedangkan ekspansi berfungsi sama seperti layaknya pipa kapiler. Ekspansi disini sebagai pengontrol refrigerant yang mengalir dari pipa ke pipa lainnya.

sekian artikel saya mengenai " Mengenal Bagian pipa pada AC split"

> SUMBER <


0 komentar:

Posting Komentar